Junitaprima makan kosan

 

Sahur di kos terasa sangat berbeda dibanding sahur bersama keluarga di rumah. Jika di rumah menyiapkan dan menyantap hidangan sahur dilakukan bersama-sama, di kos semuanya dikerjakan sendiri.

Bagaimanapun juga, sahur sebaiknya tidak dilewatkan karena penting untuk menjaga kelancaran puasa sampai matahari terbenam nanti. inilah cara-cara populer yang dilakukan orang indekos untuk mendapatkan makanan saat sahur:

1. Ke warung nasi saat sahur

Bagi mereka yang malas memasak dan tak mempunyai makanan di kos,warung nasi yang buka saat sahur atau 24 jam sangat membantu. Di sini mereka bisa langsung menyantap hidangan hangat meski harus berjalan ke luar kos terlebih dahulu. Rata-rata orang yang indekos sahur di warung terdekat hanya dilakukan jika bersama teman.

Sebaiknya tanya ke warung nasi di sekitar kos Anda, mana yang menyediakan hidangan saat sahur dan tanyakan jam operasinya. Atau, surveilah minimarket yang buka 24 jam, karena biasanya tersedia beberapa hidangan praktis yang bisa dihangatkan.

Pastikan tempatnya bisa dijangkau dengan berjalan kaki, karena jika terlalu jauh dan harus menggunakan kendaraan, Anda akan membuang-buang waktu sahur yang singkat dan lama-lama akan merasa malas.

2. Membeli lauk semalam sebelumnya

Cara ini lebih praktis daripada harus makan warung saat sahur, meski hidangannya mungkin tak sesegar jika membeli di warung. Anda bisa membungkus nasi dan lauk untuk sahur esok pagi ketika berbuka puasa sehari sebelumnya. Saat sahur, Anda tinggal menghangatkannya di dapur kos atau langsung menyantapnya. Pastikan lauk yang Anda beli tak mudah basi.

3. Pesan makanan pada ibu kos

Di beberapa tempat, ibu kos atau penjaga kosnya menjual makanan saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini tentu sangat membantu karena sajian hangat tinggal dibayar dan disantap tanpa perlu ke luar kos, meski mungkin hidangannya tak sesuai selera. Bahkan, makanan bisa juga diantarkan langsung ke kamar Anda. Tanyakan fasilitas ini kepada ibu kos Anda.

4. Memasak sehari sebelumnya

Beberapa orang yang indekos memilih memanfaatkan dapur bersama di kos untuk memasak makanannya sehari-hari daripada harus membeli. Cara ini mungkin merepotkan, namun Anda bisa berhemat dan memasak sesuai selera.

Jika Anda adalah salah satu orang yang memilihmemasak sendiri, Anda bisa menyiapkan hidangan sahur sejak semalam sebelumnya. Misalnya, Anda sudah membersihkan sayur dan memotong-motongnya, sehingga tinggal ditumis saat sahur.

Anda juga bisa mengungkep daging ayam sehingga tinggal digoreng saat sahur. Atau, Anda bisa memasak rendang yang tahan dihangatkan berkali-kali. Magic jar jadi alat yang sangat penting karena Anda bisa memasak nasi bahkan menghangatkan lauk di dalamnya.

5. Menyantap makanan instan

Kebanyakan orang indekos akrab dengan makanan instan. Selain mi, kini ada berbagai pilihan makanan instan seperti bihun, bubur nasi, sardin, sup krim, pasta, dan sereal. Tinggal rebus sebentar atau seduh, makanan siap disantap. Namun, sebaiknya Anda tak sering-sering menyantap makanan ini karena kurang baik untuk kesehatan.

6. Telepon layanan pesan antar

Beberapa restoran melayani pesan antar 24 jam. Sayangnya, kebanyakan restoran tersebut menyediakan junk food, sehingga kurang cocok untuk sahur dan kurang baik efeknya jika dilakukan terus-menerus.

Kalau Anda tetap ingin menggunakan layanan ini, catat nomor telepon atau website restoran tersebut dan pastikan daerah kos Anda terjangkau oleh mereka. Anda juga perlu meluangkan waktu agak lama sebelum pesanan Anda sampai. Jangan sampai tertidur saat menunggu!