Junitaprima traveling

Apakah Anda termasuk satu dari banyak orang yang datang ke Brasil untuk menonton Piala Dunia? Jika ya, setidaknya Anda baca dulu 8 tips traveling ke Brasil saat Piala Dunia. Beberapa saran yang akan berguna.

Brasil terkenal sebagai surganya pecinta sepakbola, apalagi dengan diadakannya perhelatan Piala Dunia. BerikutĀ 8 tips traveling ke Brasil saat Piala Dunia.

1. Lengkapi dokumen

Sebelum pergi ke Brasil, tentu Anda perlu untuk mengurus visa, paspor, asuransi, dan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Hubungi pihak Kedutaan Brasil perihal syarat pengajuan visa. Paspor Anda juga harus berlaku minimal enam bulan sebelum kadaluarsa.

Jangan lupa juga untuk membuat fotokopi dari dokumen Anda untuk jaga-jaga. Tinggal saja dokumen di brankas hotel dan bawa fotokopi saja untuk jaga-jaga. Simpan semua dokumen Anda dalam satu tempat yang aman dan kering.

2. Atur ketat pengeluaran

Pengeluaran merupakan salah satu hal yang perlu mendapat perhatian. Umumnya, wisatawan bisa keluar USD 2.500, sekitar Rp 30 juta lebih untuk pergi ke Brasil dan menonton piala dunia. Sebagian besar pengeluaran adalah untuk tiket pesawat.

Menginap di hostel atau memasak sendiri merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran. Jika seandainya terpaksa mengeluarkan uang lebih untuk suatu keperluan, pastikan harganya sesuai dan memang mendesak.

3. Pelajari bahasa Portugis

Lain ladang lain belalang, bahasa memegang peranan yang sangat penting jika traveling ke Brasil. Bahasa Portugis menjadi bahasa utama di Brasil. Mengerti bahasa Inggris saja terkadang belum cukup, Anda perlu tahu beberapa bahasa Portugis dasar untuk berkomunikasi sehari-hari.

Tentunya penting untuk kemudahan perjalanan Anda di Brasil. Ada aplikasi bernama Duolingo yang dapat membantu Anda belajar bahasa Portugis sehari-hari.

4. Jagalah kesehatan

Kesehatan menjadi modal utama seorang traveler di setiap perjalanannya, tidak terkecuali perjalanan ke Brasil untuk menonton piala dunia. Tidak ada salahnya Anda berkonsultasi ke dokter dan meminta obat pencegahan, seperti tetanus, cacar, pilek, maupun malaria.

Negara Brasil yang terkenal beriklim tropis tentu memiliki beberapa penyakit yang perlu diwaspadai. Membayar lebih untuk asuransi kesehatan juga dapat menjadi pilihan. Membayar biaya pengobatan di negara asing akan lebih nyaman jika di tanggung asuransi. Sedia payung sebelum hujan.

5. Bawa barang seperlunya

Perhelatan Piala Dunia di Brasil akan diadakan di beberapa stadion terpisah di Brasil, mengharuskan Anda berpindah ke beberapa tempat. Daripada repot, ada baiknya Anda pergi dengan membawa barang seperlunya agar lebih ringan. Sisakan juga tempat untuk suvenir yang akan dibeli nanti.

6. Selalu waspada

Ajang olahraga sekelas Piala Dunia sudah tentu akan menjadi pusat perhatian, tidak terkecuali perhatian pencopet dan kejahatan lainnya. Langkah pertama adalah memahami berbagai modus kejahatan yang terjadi di Brasil sebelum berangkat. Jangan berpakaian mencolok, dan berhati-hati di daerah ramai yang cenderung rawan copet.

7. Sedia rencana darurat

Jika seandainya dompet atau paspor Anda dicuri, atau mendadak sakit, apa yang akan Anda lakukan? Sebaiknya Anda bersiap akan situasi terburuk sebelum Anda berangkat ke Brasil. Mungkin dengan mengurus asuransi kesehatan atau meninggalkan alamat dan kontak selama di Brasil.

Untuk jaga-jaga di Brasil, catat juga beberapa nomor darurat ini. Nomor darurat polisi adalah 190, 192 untuk ambulans, dan 193 untuk pemadam kebakaran.

8. Nikmati Piala Dunia di Brasil

Ingat, tujuan utama Anda ke Brasil adalah untuk bersenang-senang dan menonton Piala Dunia. Bersiap-siap sebelum ke Brasil itu perlu, namun jangan lupa untuk menikmati perjalanan Anda. Kehangatan Brasil dan kemeriahan Piala Dunia akan menjadi pengalaman berkesan bagi Anda. Selamat bersenang-senang!